Mengintip Kemegahan Museum Angkut Batu Malang

Diposting pada

Kota Batu merupakan salah satu tujuan destinasi yang memiliki tempat wisata berlimpah. Meskipun kota yang terletak di timur pulau Jawa ini juga terdampak akibat masa pandemi, namun lambat laun kepadatan akan wisatawan yang berkunjung mulai terasa. Salah satu tempat destinasi yang ramai didatangi adalah Museum Angkut Batu Malang. Keunikan dari museum ini memang menjadi daya tarik yang tidak dimiliki tempat wisata lain.

Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa Museum Angkut merupakan museum transportasi yang penuh dengan gaya retro. Di museum ini Anda bisa menyaksikan beraneka ragam jenis mobil yang kental dengan nuansa jaman kuno. Salah satu spot populer yang sering menjadi tempat berfoto pengunjung adalah Gangster Town. Museum yang memiliki luas sekitar 3,8 hektar ini berlokasi di jalan Terusan Sultan Agung Atas No. 2, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur.

Sejarah Museum Angkut

Tempat Wisata Museum Angkut pertama kali diresmikan pada tanggal 9 Maret 2014 yang mana museum ini adalah salah satu tempat wisata yang dibangun oleh Jatim (Jawa Timur) Park. Para pendiri bermaksud untuk membangun museum yang bisa memberikan informasi secara lengkap mengenai sejarah kendaraan-kendaraan yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, koleksi kendaraan yang ada di Museum Angkut bukan hanya datang dari wilayah Indonesia, tetapi juga dari negara lainnya.

Museum Angkut Batu Malang. Sumber: ksmtour
Museum Angkut Batu Malang. Sumber: ksmtour

Menariknya, pembangunan pada museum ini tidak hanya berfokus pada alat transportasi saja, melainkan terdapat replika landmark dari berbagai negara yang tetap memperlihatkan latar belakang kendaraan. Dengan berdirinya Museum Angkut diharapkan bisa menambah informasi sekaligus mengedukasi para pengunjung untuk memahami sejarah-sejarah dari kendaraan yang terpampang di sana.

Beberapa Zona Yang Ada di Museum Angkut

Keunikan lainnya adalah para pengunjung dapat menjelajahi spot-spot populer yang ada di dunia tanpa perlu mengeluarkan ongkos yang mahal, karena Museum Angkut telah menyediakan zona-zona wisata yang juga bisa menjadi spot yang instagramable.

Zona Gangster Town & Broadway Street

Zona Gangster Town di Museum Angkut. Sumber: google.com
Zona Gangster Town di Museum Angkut. Sumber: google.com

Zona ini menjadi spot yang paling populer bagi para pengunjung. Mereka bisa berswafoto dan mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga dengan mendapatkan latar belakang foto yang sangat khas dengan jalan-jalan yang ada di Amerika.
Untuk menambah kesan keaslian, Museum Angkut juga membuat replika-replika bangunan seperti kantor polisi dan bangunan-bangunan lainnya.

Zona Hollywood

Zone Hollywood. Sumber: traveloka
Zone Hollywood. Sumber: traveloka

Tak kalah menarik, zona yang bertemakan Hollywood ini memiliki desain yang apik. Terdapat karakter Hulk yang raksasa sedang menginjak sebuah mobil. Terdapat juga beberapa koleksi mobil yang pernah digunakan dalam pembuatan film Hollywood. Dan tidak ketinggalan, wallpaper yang bertuliskan Hollywood terpajang dengan megah sebagai area untuk mengambil foto.

Zona Istana Buckingham

Zona Istana Buckingham di Museum Angkut. Sumber: google.com
Zona Istana Buckingham di Museum Angkut. Sumber: google.com

Dari Amerika, pengunjung bisa langsung terbang ke wilayah benua Eropa yaitu Inggris. Ya, Anda bisa berkunjung ke Istana Buckingham meski dalam bentuk replika saja. Daya tarik pada zona ini adalah replika istana dengan arsitekturnya yang berwarna serba putih. Anda mungkin akan terkejut jika memperhatikan bangunan replika ini secara detail sebab terdapat ukiran-ukiran yang persis dengan Istana Buckingham yang sesungguhnya. Tak lupa juga di sekitar istana, terparkir mobil-mobil menawan seperti Mini Cooper, Rolls Royce, dan sebagainya.

Zona Sunda

Setelah menjelajah ke benua Amerika dan Eropa, saatnya menyaksikan suasana Batavia tempo dulu pada masa kolonial Belanda. Spot yang paling populer di zona ini adalah replika Menara Syahbandar dan tipe-tipe angkutan yang dulunya aktif sebagai alat transportasi.

Zona Pasar Apung

Kurang afdol rasanya jika Anda pulang dari tempat wisata tanpa membawa oleh-oleh berupa cinderamata khas Museum Angkut. Museum ini menyediakan merchandise yang bervariasi. Disini pengunjung bisa merasakan langsung sensasi pasar tradisional layaknya pasar di jaman dahulu.

Selain zona-zona yang telah disebutkan, masih banyak lagi spot populer yang bisa Anda kunjungi seperti, Zona Flight Training, Zona Edukasi, dan Zona D’Topeng Kingdom.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut Malang 2022

Untuk masuk ke area Museum Angkut tentunya Anda perlu membeli tiket masuknya. Apabila Anda datang pada hari biasa, harga tiket masuk Museum Angkut adalah Rp. 100.000 per orang. Namun, untuk harga tiket museum angkut di weekend sebesar Rp. 110.000 per orang.
Museum Angkut Batu Malang dibuka mulai dari jam 12:00 WIB dan ditutup pada jam 19:00 WIB. Jadi pastikan Anda datang pada jam berikut agar bisa menikmati keunikan museum dengan leluasa.

Fasilitas di Museum Angkut Batu Malang

Sebagai informasi, Museum Angkut tidak memperbolehkan pengunjung untuk membawa makanan bekal, kecuali makanan bayi. Selain itu, untuk menjaga kebersihan, pengunjung juga dilarang untuk merokok di sekitar area atau membawa hewan peliharaan yang dapat mengotori area museum.

Soal makanan, Museum Angkut telah menyediakan area food court yang luas dengan aneka masakan yang bisa Anda coba. Untuk menghindari kelelahan saat berkunjung, Anda juga bisa menggunakan fasilitas Shuttle Car yang bisa memudahkan Anda ketika berkeliling area museum.

Bagi pengunjung yang beragama Islam, disediakan juga area musholla yang bersih untuk beribadah sholat. Sehingga pengunjung tak perlu keluar area museum untuk mencari-cari masjid atau musholla.

Tidak usah takut kalau ponsel Anda kehabisan baterai saat sedang asyik mengabadikan momen melalui foto dan video. Museum Angkut juga memberikan fasilitas Charging Station untuk mengisi baterai ponsel Anda tanpa dipungut biaya.

Angkutan Umum Ke Museum Angkut Batu Malang

Tak perlu khawatir jika Anda belum memiliki mobil pribadi. Untuk pergi ke Museum Angkut, Anda bisa dengan mudah menggunakan angkutan atau kendaraan umum dengan nyaman. Apalagi bila Anda berasa dari kota Jogja misalnya, tentu akan lebih nyaman jika menaiki kendaraan umum. Salah satu pilihan transportasi umum untuk menuju Museum Angkut adalah dengan menaiki mobil travel Jogja – Malang.

Demikian ulasan menarik terkait Museum Angkut Batu Malang. Semoga ulasan ini bisa menambah referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sampai jumpa di ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.