Kenali Pesona Wisata Batu Lawang, Sejarah Hingga Harga Tiket Masuk

Diposting pada

Daerah Cirebon yang ada di Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan wisata kuliner dan sejarahnya. Tetapi kini Cirebon juga sudah menunjukkan daya tariknya yang lain yakni dengan munculnya beberapa destinasi wisata baru. Salah satunya adalah Wisata Batu Lawang.

Walau termasuk wisata baru di Cirebon, Batu Lawang sudah diresmikan menjadi tempat wisata pada 21 Mei 2016. 

Wisata Batu Lawang kini sudah menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Cirebon. Dengan sajian pemandangan yang indah nan unik tentu menjadi daya tarik tersendiri dari Batu Lawang ini.

Selain menyajikan pemandangan yang indah, pengelola Batu Lawang sudah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung termasuk anda calon pengunjung Batu Lawang.

Informasi Wisata Batu Lawang

Wisata Batu Lawang. Sumber wartamu.com

Untuk panduan anda sebelum mengunjungi wisata Batu Lawang, disini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai tempat wisata ini dari sejarah hingga harga tiket masuknya. 

Sejarah Nama Wisata “Batu Lawang”

Pemilihan nama Batu Lawang ini ternyata cukup sederhana. Dalam bahasa jawa kata “lawang” memiliki arti pintu. Sehingga nama wisata ini memiliki arti batu pintu.

Kenapa dinamakan seperti itu? Karena bentuk batunya yang menyerupai pintu. Tentunya bentuk pintu itu tercipta dengan sendirinya bukan karena tangan manusia.  Hal ini membuat daya tarik wisata yang sangat indah nan menarik.

Alasan lain dinamakan batu pintu adalah karena bentuk batu ini menyerupai pintu rumah khas jaman dahulu. Sehingga dengan melihat batu tersebut, orang-orang bernostalgia akan masa kecil mereka.

Di Batu Lawang ini, para pengunjung akan disuguhkan oleh tebing-tebing yang unik dilengkapi dengan alamnya yang asri. Dengan keunikan tebingnya ini pun menjadi hal yang dicari-cari oleh pecinta olahraga panjat tebing. Karena keindahan yang perlihatkan ketika berada di kemiringan tebing, dinilai sangat indah oleh mereka.

Karena antusias pecinta olahraga panjat tebing ini pula yang menjadikan alasan Tim Merah Putih dan beberapa Komunitas Panjat tebing Cirebon membuat jalur khusus dengan jumlah 4 buah.

Alamat Wisata Batu Lawang

Alamat wisata Batu Lawang yang indah ini berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon Barat. Alamat ini cukup tersembunyi dari perkotaan. Namun anda tak perlu khawatir, karena akses jalan ke Batu Lawang sudah cukup baik dan terawat.

Fasilitas Wisata Batu Lawang

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal tadi. Bahwa selain menyuguhkan pemandangan yang apik, wisata Batu Lawang juga menyediakan beberapa fasilitas untuk para pengunjung.

Fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup lengkap. Sehingga jika anda gemar berlama-lama di tempat wisata, maka anda akan betah di tempat wisata ini.

Apa saja? Mari kita simak beberapa fasilitas yang disediakan berikut ini.

1. Mushola

Mushola adalah hal yang paling dicari para pengunjung muslim saat mengunjungi tempat wisata manapun. 

Tentunya dengan adanya fasilitas mushola di Batu Lawang ini menjadi kabar gembira bagi pengunjung muslim. Sehingga para pengunjung muslim tak perlu lagi kesusahan mencari tempat untuk sholat dengan nyaman dan aman.

2. Gazebo

Jika anda lelah terus berjalan, jangan khawatir di Batu Lawang juga menyediakan Gazebo. Anda bisa melepas lelah dengan beristirahat di gazebo. 

Dilengkapi dengan udara yang sejuk akan menambah kenyaman anda ketika beristirahat di gazebo.

3. Toilet

Seperti sudah wajib ada, tentunya destinasi wisata ini juga menyediakan toilet untuk anda. 

Kenyamanan para pengunjung pun bertambah dengan adanya toilet ini.

4. Kantin

Sebuah wisata tidak akan disebut tempat wisata jika tidak ada tempat yang menyediakan makanan atau minuman.

Di kantin Batu Lawang ini menyediakan berbagai makanan dan minuman yang cukup untuk anda melepas rasa lapar dan dahaga.

5. Taman Bermain Anak

Jika anda memiliki anak tak perlu khawatir, dengan adanya taman bermain anak akan membuat anak-anak anda semakin betah berada di Batu Lawang.

Di taman bermain ini dilengkapi dengan ayunan, jungkat-jungkit dan perosotan.

6. Stage (Panggung)

Jika anda mengunjungi Batu Lawang di akhir pekan anda bisa menyaksikan hiburan berupa permainan lagu-lagu oleh band di panggung ini.

Keindahan alam dilengkapi dengan lantunan lagu yang indah menjadikan panggung ini sebagai pusat kegiatan hiburan di Batu Lawang.

7. Area Parkir

Untuk anda yang datang ke Batu Lawang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil tak perlu khawatir. Karena di Batu Lawang disediakan area parkir yang luas dan cukup aman untuk kendaraan anda.

Wisata Batu Lawang
Pemandangan alami wisata Batu Lawang. Sumber NativeIndonesia.Com

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Lawang

Untuk menikmati segala pemandangan yang indah dan fasilitas yang disediakan, anda tak perlu mengeluarkan banyak uang. Setiap orang yang ingin masuk ke Batu Lawang hanya perlu membayar Rp 7.000.

Hanya dengan membayar tujuh ribu rupiah anda bisa berpuas-puas menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ada dengan rentang jam 7 pagi hingga 5 sore waktu indonesia barat.

Kami sarankan anda berkunjung ke Batu Lawang di pagi hari atau sore hari, karena di waktu-waktu tersebutlah pesona alam yang tercipta di Batu Lawang sangat indah.

Jika anda adalah orang-orang yang memiliki waktu libur tak tertentu tak perlu khawatir untuk menentukan hari apa saat ingin berkunjung ke wisata ini. Karena wisata ini akan selalu buka setiap hari untuk anda.

 

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai wisata Batu Lawang. Apakah anda semakin tertarik untuk mengunjungi wisata ini? 

Jika iya, anda bisa segera merencanakan kunjungan anda ke wisata ini atau dengan mendaftarkan diri anda ke layanan travel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.