Serba Serbi Tol Kendal yang Menarik untuk Diketahui

Diposting pada

Gerbang tol Kendal adalah salah satu dari 5 gerbang tol yang ada di arus tol Semarang-Batang Jawa Tengah, sekaligus menjadi akses tol trans jawa dari dan ke kota Kendal. Tulisan ini berisi serba serbi tol satu ini yang menarik untuk diketahui. Tol satu ini adalah salah satu tol yang sepi.

Hal ini sudah terjadi sejak awal mula dioperasikan awal tahun 2019 silam. Suasana tol ini kurang hidup disebabkan tidak banyak kendaraan yang keluar atau masuk melalui tol. Ada banyak faktor yang membuat pintu keluar dan masuk tol trans jawa ini menjadi kurang peminat. Simak serba serbinya di bawah ini untuk mengetahuinya.

Lokasi Tol Jauh dari Pusat Kota

Kota Kendal bukanlah kota dengan persimpangan besar. Hanya terdapat satu jalur utama ke kota besar lain yaitu jalur pantura ke barat menuju Jakarta dan ke timur menuju Semarang. Jalur pantura tersebut pula yang menghubungkan Kendal dengan kota kecil di wilayahnya yakni ke timur dengan Kaliwungu dan ke barat dengan Weleri.

Sementara ke selatan dengan Pegandon yang posisinya agak ke barat hanya ada jalan kabupaten dan tidak terhubung dengan kota besar lain di Jawa Tengah. Lokasi tol Kendal berada sekitar 7 km di sebelah selatan jalur pantura dan sekitar 12 km dari pusat kota.

Selain jauh dari jalur utama, jalur untuk sampai ke pintu tol terlalu sempit untuk kendaraan besar dan terlalu ramai oleh lalu lalang warga. Lebih dari itu, terkadang pasar Pegandon juga sering macet.

Nampak atas tol kendal, sumber: google.com
Nampak atas tol kendal, sumber: google.com

Berada Diantara Dua Gerbang Tol

Walaupun cukup berjarak dengan gerbang tol weleri dan kaliwungu namun kedua tol ini cukup mempengaruhi minat pengendara untuk mengakses gerbang tol Kendal. Warga kota Kendal yang ingin ke Pekalongan atau Jakarta lebih memilih masuk pintu tol Weleri dan sebaliknya warga yang ingin ke Semarang atau Solo memilih masuk tol Kaliwungu, sebab jaraknya yang lebih dekat dari pada tol Kendal.

Walaupun kondisinya yang sepi dan jauh keramaian, keberadaan pintu masuk tol satu ini menjadi berkah tersendiri untuk warga di kecamatan Pegandon dan sekitarnya. Mereka bisa lebih mudah untuk pergi kemana saja dengan jalan tol tersebut.

Tarif Masuk Tol Kendal

Apabila Anda ingin berkendara melalui tol ini, siapkan uang elektronik terlebih dulu karena tol ini telah menerapkan transaksi pembayaran tol non tunai. Di bawah ini daftar tarif tol Kendal untuk kendaraan golongan 1 seperti sedan, jip, bus, truk kecil dan pick up.

Masuk Gerbang Tol Kendal

  • Tujuan GT batang atau pasekaran : 58.000
  • Tujuan GT kandeman : 54.000
  • Tujuan GT waleri : 12.500
  • Tujuan GT Kaliwungu : 15.500
  • Tujuan GT semarang atau kalikangkung : 28.500

Keluar Tol Waleri

  • Jakarta-Cikampek : 20.000
  • Cikopo-Palimanan : 119.000
  • Palimanan-Kanci : 12.500
  • Kanci-Pejagan : 29.500
  • Pejagan-Pemalang : 60.000
  • Pemalang-Pasekaran : 45.000
  • Pasekaran-Waleri : 45.000

Keluar Tol Kendal

  • Jakarta-Cikampek : 20.000
  • Cipoko-Palimanan : 119.000
  • Palimanan-Kanci : 12.500
  • Kanci-Pejagan : 29.500
  • Pejagan-Pemalang: 60.000
  • Pemalang-Pasekaran: 45.000
  • Pasekaran-Kendal : 58.000
Tampilan gerbang tol, sumber: google.com
Tampilan gerbang tol, sumber: google.com

Panjang Tol Kendal

Jalan tol ini mempunyai panjang 21, 03 kilometer dengan titik awal (Sta. 0+000) di JC Kaliwungu yang berlokasi di kabupaten Kendal dan merupakan titik temu dengan jalan tol Semarang-Batang dengan titik akhir (Sta. 20+398) di JC Kaligawe yang adalah titik temu dengan jalan tol Semarang-Demak.

Jalan tol satu ini diprakarsai oleh konsorsium PT. Sumber Mitra Jaya dan PT. Waskita Toll Road. Kecepatan rencana 80 km per jam dengan lebar lajur 3,0 m, lebar bahu luar 3,00 m, lebar bahu dalam 1,50 m, lebar median 5,50 m, jumlah junction 2 dan jumlah interchange 5.

Biaya Pembangunan Tol Kendal

Proyek jalan tol ini menelan biaya investasi sebesar 15,3 triliun terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut kota semarang. Konsorsium bertugas menggarap seksi II sepanjang 16,31 kilometer dengan total investasi 5,6 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Fasilitas Rest Area Tol Kendal

Jalan tol fungsional Batang-Semarang memiliki tiga rest area untuk wilayah Kendal yakni di wilayah Desa Wungurejo, Desa Rowo Banten dan juga Desa Magelung. Selain sebagai tempat istirahat rest area ini juga bisa dijadikan tempat menikmati makanan, minuman dan bisa mengisi BBM, masjid dan minimarket. Jadi, Anda yang melakukan perjalanan dari Jogja ke Kendal menggunakan travel Jogja Kendal bisa bersantai di fasilitas rest area ini.

Fasilitas tol, sumber: google.com
Fasilitas tol, sumber: google.com

Sempat Rusak Diterjang Topan

Atap gerbang tol ini mengalami sempat mengalami kerusakan akibat diterjang hujan dan angin kencang yang terjadi 3 tahun silam, tepatnya pada hari selasa 10 Desember 2019 sore. Akibatnya pintu tol itu sempat ditutup sementara.

List plang dan plafon bagian atas gerbang tol lepas dan berterbangan disapu angin kencang. Kerusakan akibat hujan dan angin kencang juga menyebabkan rumah warga di sekitar ruas tol tersebut rusak.

Puing-puing rumah warga yang disapu angin kencang, juga sempat masuk ke sekitar area gerbang tol. Efek dari kejadian tersebut menyebabkan gerbang tol Weleri sempat ditutup sementara untuk beberapa waktu hingga proses evakuasi puing-puing atap yang rusak selesai.

Itulah paparan singkat mengenai serba serbi tol Kendal yang menarik untuk diketahui serta spot wisata yang bisa dikunjungi di Kendal. Apabila Anda membutuhkan jasa travel antar kota, Nabawi Transport menyediakan layanannya untuk Anda.

Gambar Gravatar
Amaleo Woha adalah seorang Mahasiswa S1 Manajemen Bisnis Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI Hamfara) Yogyakarta angkatan 2019 | Content Writer di seoanaksholeh.com | Admin dimensi.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.