Carica Dieng dan Segudang Manfaatnya

Diposting pada

Apakah Anda pernah memakan buah carica? Mungkin bagi sebagian orang buah carica masih terdengar asing karena lumayan sulit untuk ditemukan di pasar pada umumnya. Namun bagi yang sudah mengenal buah ini biasanya menyebutnya dengan ‘Carica Dieng’ karena memang saat ini buah tersebut menjadi flora identitas di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sumber: unsplash.com
Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sumber: unsplash.com

Meski saat ini buah carica dikenal sebagai buah khas daerah Wonosobo, namun ternyata fakta menjelaskan bahwa buah ini aslinya bukan berasal dari Indonesia. Buah yang memiliki kemiripan dengan pepaya ini berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan yang kemudian dibawa oleh para penjajah Belanda dan ditanam di dataran tinggi Dieng.

Fakta lainnya adalah walaupun kebanyakan orang mengira buah carica hanya bisa hidup dan tumbuh di dataran tinggi Dieng, namun buah yang memiliki nama ilmiah Carica Candamarcensis ini bisa tumbuh dengan baik di daerah lain di Indonesia seperti Bali dan Bogor.

Apa Itu Carica Dieng?

Buah carica merupakan sejenis buah yang hanya mampu tumbuh di atas ketinggian 1500 – 3000 meter di atas permukaan laut. Tidak hanya itu, buah carica juga membutuhkan kondisi udara yang lembab dan basah. Tinggi rata-rata pohon buah carica adalah berkisar 1-2 meter.

Buah Carica Dieng Tumbuh di Dataran Tinggi. Sumber: thefruitforest.com
Buah Carica Dieng Tumbuh di Dataran Tinggi. Sumber: thefruitforest.com

Jika dilihat sepintas, buah carica memang sangat mirip dengan buah pepaya sebab bentuk keduanya yang berbentuk telur sungsang. Selain itu, biji buah carica juga berwarna hitam dan berjumlah banyak, sama seperti buah pepaya. Oleh karena itu, sebagian masyarakat lebih mengenal buah ini dengan nama Pepaya Dieng.

Kandungan dari buah carica sendiri sangatlah banyak. Selain vitamin C, buah ini mengandung vitamin A, kalsium dan juga gula. Buah carica juga memiliki zat yang mampu memperbaiki pencernaan sehingga apabila Anda memiliki masalah pada perut dan pencernaan, maka buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi.

Manfaat Buah Carica Dieng

Selain manfaat kandungan yang sudah kami paparkan di atas, masih ada segudang manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari buah carica.

1. Menghidrasi Tubuh

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter per harinya. Jika kurang dari itu, maka kemungkinan orang tersebut bisa kekurangan cairan atau yang biasa dikenal dengan istilah dehidrasi.

Buah carica memiliki kandungan air yang banyak. Kurang lebih hampir 90% kandungan buah carica adalah air. Dengan kata lain, tinggi kadar air dalam satu buah carica tentunya bisa membantu Anda mencegah dari dehidrasi.

2. Memperbaiki pencernaan

Sama seperti buah pepaya, buah carica juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk tubuh. Para pakar Kesehatan pun sering menyarankan untuk banyak mengkonsumsi serat karena serat sangat dibutuhkan oleh bakteri baik yang hidup di pencernaan manusia.

3. Membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar

Vitamin-vitamin yang terkandung pada buah carica berguna untuk mengembalikan tubuh yang sering lemas menjadi lebih bugar. Misalnya vitamin C yang sangat dikenal sebagai vitamin yang membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat serta menjaga kesehatan kulit tubuh.

Olahan Buah Carica, Oleh-Oleh Dieng yang Wajib Dicoba

Layaknya buah-buah pada umumnya. Buah carica juga bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan yang sangat lezat. Tidak hanya bisa dinikmati sendiri, tapi buah carica saat ini telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Dieng yang sangat diminati para pengunjung daerah tersebut.

Berikut adalah beberapa olahan yang bisa jadi pilihan Anda ketika berkunjung ke daerah Dieng.

1. Manisan Carica

Manisan Carica. Sumber: wikipedieng.com
Manisan Carica. Sumber: wikipedieng.com

Olahan buah carica yang bisa dikatakan paling terkenal adalah manisan carica. Hampir setiap orang yang mengunjungi dataran tinggi Dieng membeli olahan ini sebagai buah tangan. Terdapat dua jenis manisan carica yaitu manisan carica kering dan manisan carica basah. Penyajian dari manisan carica basah disertai dengan air rebusan buah carica. Manisan carica basah akan lebih enak untuk disantap dalam keadaan dingin. Sedangkan untuk manisan carica kering dihidangkan dalam bentuk irisan buah yang telah ditaburi dengan gula.

2. Selai Carica

Proses Pembuatan Selai Carica. Sumber: google.com
Proses Pembuatan Selai Carica. Sumber: google.com

Biasanya kebanyakan orang menyantap roti dengan selai coklat, nanas atau stroberi. Namun kali ini, Anda harus menambahkannya dengan selai yang terbuat dari buah carica. Tidak hanya daging buahnya, sari dari buah carica juga dimanfaatkan dalam pembuatan selai carica.

3. Keripik Carica

Tidak hanya manisan dan selai, tapi buah carica juga bisa diolah menjadi keripik. Meskipun fakta yang mengatakan bahwa buah ini memiliki kandungan air yang banyak, namun olahan keripik carica tetap bisa terasa renyah ketika dimakan. Penjual keripik carica menyediakan berbagai varian rasa seperti rasa asin, pedas, dan original. Bagi Anda yang ingin mengatasi mabuk kendaraan, keripik carica bisa jadi opsi untuk menemani perjalanan Anda.

4. Dodol Carica

Olahan makanan lainnya adalah dodol. Dodol biasanya terbuat dari campuran tepung beras ketan, santan, dan gula. Namun yang membedakan dodol carica dengan dodol lainnya adalah pembuat dodol menambahkan air hasil perasan carica sehingga menghasilkan rasa yang berbeda. Dodol carica juga memiliki berbagai pilihan rasa, ada rasa original, rasa campur kentang dan rasa campur terung belanda.

Apabila Anda berencana untuk berkunjung ke daerah dataran tinggi Dieng, maka pastikan untuk menjadikan olahan buah carica sebagai oleh-oleh khas Dieng Anda.

Itulah tadi ulasan terkait buah carica dan segudang manfaatnya bagi tubuh, serta rekomendasi olahan carica yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jangan lupa untuk sebarkan artikel ini kepada teman-teman dan kerabat lainnya. Nantikan ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.